Tren Warna di Tahun Kelinci Logam

Dalam Feng Shui, keseimbangan energi dalam tubuh diperoleh ketika setiap individu dilahirkan. Setiap orang memiliki energi dalam (inner energy) sejak lahir. Energi ini acap kali disebut Chi tubuh dan disimbolkan dengan lima unsur (air, kayu, api, tanah, dan logam) yang mewakili dimensi waktu ketika lahir.

Elemen-elemen tersebut sangat terkait dengan warna, yang dipandang mampu memancarkan aura elemen terkait. Demikian, penjelasan Mauro Rahardjo. Menurut pakar Feng Shui ini, konsep warna dalam Feng Shui sebenarnya merupakan simbol musim. Musim dingin diwakili unsur air, posisinya di utara, dan warnanya biru tua dan hitam. Musim semi unsurnya kayu, posisi timur, dan warna hijau, biru muda, dan kehijauan.

Musim panas unsurnya api, posisinya di selatan, dan warnanya merah, oranye, ungu, terakota, dan kemerahan. Musim gugur unsurnya logam, warnanya putih, abu-abu, dan kuning emas. Sektor tengah (sentral) unsurnya tanah dan warnanya kuning, cokelat, cream, dan beige. Sementara itu, Lelyana Rahardjo menjelaskan, dalam kalender China, 2011 adalah tahun Kelinci Logam (Xin Mao), yang merupakan perpaduan kelinci yang berunsur kayu yin dan logam yin. “Warna kayu adalah kelompok warna daun tanaman, yaitu hijau dan turunan dari warna-warna hijau.

Warna logam adalah warna putih, abu-abu, dan kuning emas. Warna Api Warna favorit untuk tahun 2011 identik dengan warna-warna dari pasangan elemen yang muncul pada tahun ini, yaitu putih dan hijau. Meskipun demikian, ada masalah yang terjadi, karena unsur kayu tak harmonis dengan logam.

Menurut teori keseimbangan dan keharmonisan (balance and harmony theory), diperlukan warna ketiga untuk menyelaraskan dua warna tersebut. Warna ketiga inilah yang juga merupakan warna tren 2011. Dalam prinsip Feng Shui, tutur Mauro, pada hakekatnya logam ‘mengancam’ kayu. Apabila ‘ancaman’ logam pada kayu membesar, maka akan menghasilkan unsur air, yang memberi dukungan kayu, sehingga tercipta keseimbangan baru. Oleh sebab itu, maka air akan menjadi warna tren 2011.

Karena logam “mengancam” kayu, maka unsur yang perlu dikendalikan adalah logam. Dan elemen yang mengendalikan logam adalah api. Maka warna tren kedua di 2011 adalah warna api. Lantas, apa yang diperlukan di tahun 2011? Warna biru tua dan hitam mewakili unsur air, sementara warna kemerahan dan ungu mewakili api. Menurut filosofi China, elemen juga melambangkan sifat dan karakter.

Air adalah simbol kebijaksanaan dan kepandaian. Air juga memiliki sifat fleksibel. Ini artinya, fleksibilitas (mengikuti situasi dan kondisi setempat) diperlukan agar tercipta keharmonisan hidup. Sifat dan karakter api menunjukkan adanya keriangan dan kegembiraan. Sifat inilah yang diperlukan untuk menjaga suasana kondusif yang menjaga keseimbangan dalam fenomena hidup yang kita hadapi di tahun 2011 ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s