Belum Pasti Ponsel Bisa Sebabkan Kanker

Badan riset kanker Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan penggunaan telepon seluler kemungkinan bisa menyebabkan kanker. Kajian terhadap bukti-bukti yang ada menunjukkan bertambahnya risiko salah satu jenis kanker otak tak dapat dikesampingkan.

Namun hubungan antara telepon dan kanker belum meyakinkan. Mereka menyimpulkan “belum jelas hubungannya apakah telepon seluler menyebabkan kanker pada manusia”. Cancer Research UK mengatakan bukti-buktinya terlalu lemah untuk menarik kesimpulan yang kuat.
Kepala informasi kesehatan di badan amal itu, Ed Yong mengatakan, “Kesimpulan WHO berarti ada bukti-bukti yang mengaitkan telepon seluler dengan kanker, namun terlalu lemah untuk dibuat dalam bentuk kesimpulan”. Kebanyakan studi-studi yang ada tidak menemukan kaitan antara telepon dengan kanker. “Seandainya ada hubungannya kemungkinan tidak besar,” katanya seperti dikutip BBC Indonesia.
“Risiko kanker otak di kalangan orang yang memakai telepon genggam dan yang tidak, besarnya hampir sama. Tingkat penyakit kanker tidak naik belakangan ini meskipun ada kenaikan dramatis penggunaan ponsel pada tahun 1980-an,” lanjutnya.
“Namun tidak cukup pula sepenuhnya mengesampingkan risiko itu dan sudah ada sedikit penelitian mengenai pengaruh jangka panjang penggunaan telepon,” paparnya. Sebanyak 31 pakar telah mengadakan pertemuan di Lyon, Prancis, untuk mengkaji bukti-bukti dari studi pola-pola kesehatan dalam masyarakat atau epidemologi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s