Tips Ginjal Sehat

Fungsi utama ginjal adalah untuk mengeluarkan kotoran dari dalam tubuh. Berikut adalah beberapa tips menjaga ginjal:
1. Minum banyak air
Tubuh terdiri dari 60 – 70% air. Tanpa air, sel tidak akan bertahan hidup dan proses biokimia dan fisiologis dalam tubuh tidak akan bekerja dengan benar. Pakar kesehatan  menganjurkan untuk minum setidaknya delapan gelas per hari. Cermati konsumsi air mineral yang masuk dalam tubuh yaitu, dua gelas saat bangun tidur, satu gelas sebelum dan sesudah makan dan dua gelas sebelum tidur. Dua gelas air selanjutnya dapat dikonsumsi untuk tambahan saat anda beraktifitas.
Minum air sebelum setiap makan juga akan mengurangi “rasa lapar”. Air es dingin tidak dianjurkan, karena suhu dingin akan menghalangi metabolisme bahan makanan. Lipid yang mengeras dan lebih sulit untuk dicerna. Ginjal merespon asupan air yang sesuai. Sebuah ginjal yang sehat akan menyerap apa yang dibutuhkan tubuh dan mengeluarkan kelebihan. Tindakan ini akan meningkatkan ekskresi sisa metabolisme dan akan mempertahankan integritas dari ginjal.
2. Hindari makanan asin
Natrium klorida adalah nama kimia dari garam. Natrium dan klorida adalah elektrolit dan bertanggung jawab dalam mempertahankan neraca air elektrolit dan keasaman dan kebasaan darah. Jika mereka tertelan secara berlebihan, mereka dapat menyebabkan ketidak seimbangan dan menyebabkan akumulasi di ginjal, yang akan mengakibatkan disfungsi ginjal akhirnya. Sebuah ginjal yang sehat membutuhkan banyak air untuk “membersihkan” dari kotoran dan metabolik.
3. Hindari alkohol
Alkohol adalah diuretik zat yang menyebabkan seringnya buang air kecil atau micturation, tetapi juga menyebabkan pencegahan ekskresi bahan lain seperti asam urat. Hal ini akan mengakibatkan batu ginjal atau radang sendi yg menyebabkan encok. Asam urat adalah salah satu penyebab batu nefrolisiasis atau ginjal. Sebuah ginjal sehat benar akan mengeluarkan asam urat dan kotoran dalam tubuh lainnya.
4. Tidak menekan dengan paksa saat anda akan buang air kecil
Jika anda merasa ingin buang air kecil, maka janganlah dipaksa. Ginjal hanya bisa menahan air sebanyak yang bisa. Meskipun sel-sel ginjal yang elastis, bayangkan jika elastisitas yang terus dibawa ke kapasitas penuh. Akhirnya akan haus.
5. Hidup sehat
Tubuh seperti satu mesin yang diminyaki. Jika satu bagian tidak berfungsi dengan baik, maka semuanya akan terpengaruh. Makan dengan baik, tidur dengan baik, dan hidup dengan baik. Daging lemak dapat menyebabkan beberapa penyakit. Merokok dapat menyebabkan kanker paru-paru.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s