Tahapan Penyakit HATI

Hati adalah salah satu organ terbesar dalam tubuh manusia dan sangat penting untuk berfungsinya tubuh. Hati mensintesis protein, empedu, asam, dan kolesterol. Ini menjaga agar terjadi keseimbangan antara nutrisi dan bahan kimia seperti glukosa, kolesterol lemak, vtamin, dan hormon dan membantu dalam ekskresi banyak produk limbah seperti bilirubin, kolesterol, racun, dan obat-obatan.
Ada empat tahapan kerusakan hati: peradangan, fibrosis, sirosis, dan kanker.
Peradangan
Hati bisa meradang karena kondisi tertentu, penggunaan alkohol dan bahan kimia tertentu. Kondisi yang dapat menyebabkan radang hati Hepatitis B, Hepatitis C, autoimmune hepatitis, dll. Ekstensif menggunakan alkohol juga menyebabkan peradangan hati. Beberapa obat dan polutan industri dapat mempengaruhi hati. Peradangan ditandai dengan kemerahan, pembengkakan, panas dan nyeri mungkin dalam hati.
Fibros
Tahap kedua dari penyakit hati adalah fibrosis atau jaringan bekas luka. Setelah hati meradang untuk jangka waktu yang lama, jaringan ikat hati menumpuk. Pada tahap ini fungsi hati perlahan-lahan menurun.
Sirosis
Tahap ketiga dari penyakit hati yang disebut sirosis. Ketika hati telah rusak karena peradangan dan fibrosis, tidak berfungsi dengan baik. Akumulasi bekas luka pada jaringan aliran darah melalui hati, lambat laun dapat rusak dan bahkan tidak berfungsi normal. Beberapa gejala sirosis tahap akhir adalah edema, memar dan berdarah, penyakit kuning, batu empedu, dan peningkatan racun dalam darah, pembuluh darah membesar, dan diabetes.
Cancer
Jika penyakit hati tidak diobati dalam tiga tahap-tahap awal, kanker dapat berkembang. Kanker hati atau hepatocellular carcinoma, mempengaruhi sekitar 4% pasien dengan sirosis. Sebuah transplantasi hati adalah salah satu pilihan untuk mengobati kanker hati.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s