Mencegah Kegemukan Degan ASI

Manfaat ASI (air susu ibu) pada bayi sangat penting sehingga ASI tidak tergantikan oleh makanan lainnya. ASI terdiri dari banyak vitamin dan protein yang mudah diserap oleh tubuh, selain itu ASI juga mengandung garam yang baik untuk imunitas.
ASI tidak hanya memiliki kandungan nutrisi yang sangat lengkap untuk daya tahan tubuh, tetapi ASI juga bermanfaat pada bayi untuk mengurangi resiko terkena obesitas (kegemukan).
Dalam acara Breastfeeding Gives A Lives di Jakarta, konselor laktasi Dr. Galih Linggar Astu mengungkapkan ”Dengan memberikan ASI dapat mengurangi obesitas, karena ASI makanan setengah jadi yang mengandung enzim-enzim yang membantu pencernaan. Pada ASI, asam lemak rantai lemak tak jenuhnya juga lebih panjang, yang baik untuk pembentukkan enzim-enzim tubuh. Kemudian dalam ASI juga sudah ada enzim yang dapat mencerna lemak yaitu enzim lutein.”
Galih menjelaskan, di dalam kandungan ASI terdapat lemak tak jenuh yang tingginya 34%, sehingga ASI mempunyai asam lemak tak jenuh rantai panjang (polyunsaturated fatty acids). Sementara itu susu formula dapat menyebabkan obesitas karena memiliki lebih banyak asam lemak tak jenuh rantai pendek, sedangkan lemak tak jenuh nya hanya 3%.
Banyak ibu yang khawatir bayinya akan kegemukan karena meminum ASI dalam jangka waktu 2 jam sekali, dibandingkan dengan bayi yang meminum susu formula yang membuat bayi lebih tahan lapar. Tetapi, Galih menjelaskan agar para ibu tidak perlu khawatir akan hal tersebut.
”Dengan minum ASI jadi mudah lapar karena ASI makanan setengah jad sehingga cepat diserap tubuh yaitu selama 2 jam, sementara kalau susu formula tahan 4-6jam karena ia mengendap dahulu, sehingga lebih tidak mudah lapar. Tapi bayi tidak akan obesitas karena didalam ASI ada anti obesitasnya.” ungkap Galih.
”Bagaimana pun kita berusaha meniru, susu formula tetapi tidak bisa menggantikan ASI,” kata Galih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s