Menghilangkan virus pada ponsel/HP

Virus ternyata tidak hanya mengenai program pada PC, tapi ternyata dapat mengenai ponsel juga. Namun sedikit berbeda dengan virus pada PC , virus pada ponsel umumnya hanya dapat menyebar melalui bluetooth. Walaupun virus ini dapat menyebar melalui internet tapi sangat jarang ditemui bahkan untuk saya sendiri kasus ini belum pernah saya temui. Kehebatan virus ini adalah berpindah sendiri melalui bluetooth yang aktif walaupun kita tidak sedang melakukan pengiriman file.
Jadi untuk mencegah agar ponsel anda aman dari virus maka kurangilah mengurangi file dengan media bluetooth. Kalaupun terpaksa harus mengirim file pastikan ponsel tempat anda mengirim data aman dari virus. Apabila anda terlanjur mengirim file dari ponsel bervirus maka jangan buka file yang terkirim selain file yang anda kirim tadi. Apabila ada file aneh yang masuk selain yang nada kirim jangan dibuka, dan langsung hapus. Jenis file itu biasanya diberi nama yang membuat orang tertarik untuk mebukanya seperti, sex.mp3, love.rm dll. Dengan demikian virus tersebut tidak akan menjangkiti program pada ponsel anda karena berdasarklan yang saya temukan virus ponsel ini layaknya sebuah aplikasi. Jenis virus yang paling banyak beredar di Indonesia adalah virus untuk ponsel symbian. Penyebabnya karena jenis ponsel inilah yang paling banyak digunakan di Indonesia. Karena virus ini layaknya sebuah software atau aplikasi maka virus untuk symbian tidak akan berfungsi pada ponsel java seperti Sony Erisson.
Apabila ponsel anda terlanjur terjangkit virus apapun jenisnya masih ada cara untuk menghilangkannya secara total tanpa melibatkan PC. Cara ini sering saya lakukan pada ponsel teman-teman yang terkena virus dan hasilnya sangat ampuh untuk menghilangkan virus jenis apapun.
Caranya apabila ponsel masih bisa dihidupkan pertama-tama salin semua daftar kontak anda pada simcard agar tidak hilang nantinya. Begitu pun untuk file penting yang tersimpan di memory telpon harap pindahkan dulu ke memory card. Setelah itu keluarkan memory card.
Karena umumnya ponsel yang terkena virus adalah jenis symbian maka saya akan mengambil contoh proses pada ponsel jenis symbian juga.
Apabila langkah di atas sudah di laksanakan selanjutnya format ulang ponsel anda. Ingat, jangan ikutkan memory card anda kalau tidak ingin semua file melayang. Untuk cara format disini ada dua cara yang biasa saya gunakan.

Cara pertama yang biasa saya gunakan pada type ponsel symbian os60 v1 dan v2 yaitu dengan menekan tombol bintang, angka 3 dan tombol panggil (hijau) secara bersamaan pada posisi ponsel tidak hidup (padam). Tanpa melepas ketiga tombol tersebut hidupkan ponsel anda dengan menekan tombol on/of jadi total semua tombol yang di tekan bersamaan adalah 4 tombol dengan tombol on/of. Apabila sukses maka ponsel akan melakukan formating secara otomatis dan mengembalikan kondisi software ponsel ke kondisi awal. Pada saat formating ini juga semua file-file sampah termasuk virus akan di hilangkan.

Cara kedua adalah dengan meghidupkan ponsel seperti biasa dan mengetikkan *7780# dan panggil. Untuk jenis comunicator os80 caranya adalah dengan menkan shift + ctrl + f setelah batrei dimasukkan lakukan seceptanya .

* perhatian ! Jangan keseringan melakukan format untuk ponsel anda karena dapat mengurangi kualitas software.

Setelah anda melakukan format ulang, saya pastikan semua virus akan lenyap dari ponsel anda. Sekarang masalahnya adalah virus yang ada pada memory card. Untuk itu caranya anda harus memasang AntiVirus yang handal sebelum memasukkan kembali memory card. Apabila anda memasukkan memory card sebelum terpasang antivirus maka ponsel anda kembali terjangkit seperti semula. Jadi pasang dulu antivirusnya.
Untuk mendownload antivirus dapat anda download pada artikel saya disini. Silahkan pilih sesuai type ponsel anda. Walaupun aplikiasinya sebagian adalah trial tapi tetap berfungsi walaupun tidak di update. Alasannya karena virus yang beredar adalah jensi virus lama.
Setelah antivirus terpasang silahkan update terlebih dahulu antivirusnya lalu scan tanpa memory card untuk m,embuktikan bahwa virus benar-benar tidak ada.
Langkah selanjutnya silahkan masukkan memory card pada ponsel dan scan kembali. Dijamin semua virus akan terdetksi. Saran saya untuk virus terdeteksi di hapus saja. Apabila ada aplikasi yang rusak silahkan download kiembali.
Sampai disini selamat ponsel anda bersih dari virus !!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s