Inovasi Teknologi Dorong Kualitas Hidup Manusia

Gaya hidup cerdas menjadi platform PT Samsung Electronics dalam memproduksi deretan produk elektronik tergres dengan teknologi terkini. Puluhan produk dari berbagai kategori kemudian dikenalkan dan dipajang dalam ruang pamer di Samsung Forum 2011 kawasan Asia Tenggara, Oceania dan Taiwan pada 7-9 Maret 2011 di Singapura. Puluhan perangkat digital terbaru Samsung dipamerkan dari sejumlah kategori seperti home entertainment, fotografi , perangkat bergerak, komputer, hingga perangkat rumah tangga digital.

Stanley Goh, Regional Trade Marketing Director, Samsung Asia menjelaskan dalam pembukaan konferensi pers Samsung Forum 2011, bahwa perangkat digital Samsung pada 2010 tumbuh positif 11 persen. Bahkan sejumlah produk seperti ponsel, lemari es, dan mesin cuci berada pada rangking kedua di kawasan Asia Tenggara, Oceania, dan Taiwan tahun lalu. Produk premium maupun massal semakin berkembang positif di pasar. Teknologi di balik berbagai produk keluaran Samsung juga semakin berkembang.

“Namun tahun ini fokusnya bukan hanya pada inovasi teknologi. Awal tahun 2011 di Las Vegas dikenalkan istilah human digitalism. Gaya hidup dan bagaimana manusia meningkatkan kualitas hidup dengan perangkat digital juga menjadi fokus selain inovasi teknologi. Inovasi produk dan teknologi mengusung kemudahan akses dengan berbagai pengalaman melalui berbagai produknya, mendekatkan teknologi pada kehidupan sehari-hari, memberikan hiburan dan entertainment melalui produknya, dan gaya hidup hijau,” jelas Stanley membuka rangkaian presentasi produk terkini Samsung di Marina Bay Sands Convention Center, Singapura, Senin (7/3/2011) lalu.

Tiga pilar kemudian menaungi berbagai inovasi produk terkini Samsung yang dikenalkan awal 2011, smart design, smart experiences, smart connections. Benar saja, berbagai produk digital tergres 2011 dari perusahaan raksasa asal Korea ini hadir dengan desain unik dan simpel. Konektivitas juga semakin dinamis, akhirnya pengguna bisa menikmati pengalaman berbeda dari berbagai varian produk berikut ini.

Perangkat bergerak

Perangkat digital bergerak dengan platform android masih mendominasi ponsel pintar dan tablet Samsung Galaxy generasi terkini. Smartphone Galaxy S II menjadi gadget tergres Samsung pada kuartal pertama 2011. Galaxy Tab juga dikembangkan dengan kemunculan Galaxy Tab 10.1 di tahun kelinci. Tak puas sampai di situ, keluarga Galaxy juga menambah anggotanya dengan kehadiran Galaxy Ace, Galaxy Fit, Galaxy Glo, Galaxy mini, Galaxy Pro (ponsel pintar qwerty perdana generasi Galaxy).

Keluarga Samsung Corby juga bertambah pada 2011 ini dengan kehadiran Corby II. Corby II dengan layar sentuh ini mengedepankan konektivitas untuk jejaring sosial dan pengalaman bereksplorasi dengan berbagai fitur hiburan. Warna cerah masih menjadi pembedanya, yakni festival yellow, candy pink, chich white. Belum lagi desain ramping 11,7 mm dan layar 3,14 inci yang membuatnya mudah di bawa dan diginakan kapan saja. Tunggu kehadirannya di akhir Maret di mulai dari Jerman sebagai pembuka distribusi untuk kawasan Eropa.

Home entertainment

Robert Vu, Director AV Business Samsung Vietnam mendapat giliran menjelaskan deretan produk TV/AV Samsung terbaru pada 2011 ini. Teknologi terbaru Samsung untuk kategori home entertainment menawarkan kenyamanan dan pengalaman lebih untuk pengguna personal. Maklum, menurut riset pada 2010, satu orang menghabiskan waktu 70 jam per minggu untuk menonton televisi. Hiburan di rumah dengan perangkat televisi pintar dinilai Samsung sebagai kebutuhan. Karenanya, sejumlah seri perangkat televisi terbaru Samsung, tersedia akses internet maupun akses ke perangkat digital lainnya seperti kamera dan ponsel. Bahkan Anda bisa browsing melalui televisi terbaru Samsung. Tersedia 400 aplikasi untuk perangkat Samsung Smart TV ini.

“Yang menjadi elemen TV pintar adalah desain yang memudahkan diharmonisasi dengan kondisi ruang atau istilahnya one design, artinya televisi seperti tak terlihat. Efekf 3D juga menjadi elemen lain TV pintar, selain hemat energi dan ramah lingkungan,” kata Robert dalam presentasinya.

Menjawab kebutuhan gaya hidup pintar ini, Samsung merilis seri LED TV D8000, D7000 dan D6600. Semua TV pintar ini mampu meningkatkan gambar dalam 2D, 3D, 4D dan streaming. Selain juga konektivitas tinggi ke ponsel pintar atau Galaxy Tab. Fitur build-in wifi yang tersedia dalam seri LED D7000 ini menghubungkan televisi dengan Samsung Galaxy Tab. Sedangkan untuk seri plasma, hadir seri D8000 dan D490. Rangka super tipis dan konektivitas internet menjadi beberapa saja keunggulan plasma TV Samsung ini.

Selain TV, Samsung Forum 2011 juga mengenalkan keluaran terbaru home theater seri HT-D6750WK, D7500W, D5550K, D5100K. Rangkaian sistem home theater tergres dari Samsung ini dikombinasikan dengan integrasi Blu-Ray. Produk home theater ini juga dirancang dengan fitur nirkabel dan memiliki kualitas suara optimal baik dalam konten 2D, 3D, HD maupun streaming.

Perangkat TV pintar tak lengkap tanpa aksesoris cerdas. Inilah juga yang diperkenalkan Samsung dalam perhelatan tahunannya di Singapura. Aksesoris terkini diantaranya kacamata 3D ringan dan wireless charger untuk 4 kacamata 3D. Selain itu ada juga monitor full HD 3D LED seri 9, SA950 dengan resolusi 1920×1080. Dan satu lagi, monitor 3D LED HDTV TA 950 dengan desain asimetris dan bisa menangkap siaran televisi dalam format 2D dan 3D.

Digital imaging

Samsung juga mencermati kebutuhan penggemar fotografi dengan menampilkan sederet kamera digital. Stephen Jacobs, Digital Imaging Manager Samsung Australia merepresentasikan sejumlah produk anyar kamera digital compact dan compact system camera (CSC) serta camcorder.

Generasi CSC Samsung NX dikembangkan pada 2011 ini dengan hadirnya lima lensa kelas premium, NX i-Function. Teknologi terbaru pada lensa NX ini memungkinkan fotografer pemula maupun profesional untuk mendapatkan hasil dan efek foto optimal.

“NX terbaru dengan i-Function memudahkan pengguna menggunakan kamera dengan tangan kanan atau kirinya. Kualitas sensor lensa NX terbaru juga lebih superior,” jelas Jacobs menambahkan kamera NX11 juga memeriahkan generasi NX pada 2011 ini.

SH100 juga menjadi temuan terbaru Samsung kategori kamera digital dengan fitur wifi. Selain juga kamera ST700 dengan layar sentuh 3.0 inci serta fitur menarik seperti Magic Frame, Smart Filter dan 2View. Satu lagi dalam deretan digital imaging, yakni video kamera Q19 full HD.

Saat kunjungan media ke stand notebook di pameran Samsung Forum 2011, juga dikenalkan notebook seri B2B. Notebook seri B2B dikenalkan dengan ketangguhannya karena bisa menahan beban hingga lima kilogram dan bisa dibuka 180 derajat.

Notebook dan printer

Notebook seri 9 menjadi produk teranyar Samsung untuk kategori komputer bergerak. Chua Hwee Koon, Regional IT Director Samsung Asia menjelaskan notebook terbaru Samsung ini hanya berbobot 1,31 kg dan ramping. Berkat duralumin (material yang biasa digunakan untuk membuat pesawat), Samsung notebook seri 9 ini memiliki desain aerodinamik dan performa kuat yang tampak dari penampilan luar. Selain layar yang lebih jernih, notebook ini juga memiliki performa tinggi dengan waktu pengaktifan hanya 12 detik saja.

Selain notebook, Chua juga mengenalkan compact mono printer seri ML-3310/3710, SCX-4833/5636/5737 dan seri ML-5510/6510. Sedangkan untuk memaksimalkan penggunaan komputer, Samsung mengenalkan seri monitor terbaru pada 2011 SA 9, TA 9, CA 7, CA 5 dan UD.

Alat rumah tangga digital

Michael Lily, Senior Digital Appliance Manager Australia menjelaskan peralatan rumah tangga digital memiliki konsep interaktif, mudah digunakan dan desain menarik. Inilah yang tampak dari sejumlah produk lemari es seri AW3 dan Massimo, mesin cuci seri Scout dan Pacific, microwave OmniPro, vacuum cleaner dan AC Maldives.

Inilah deretan produk digital terbaru Samsung pada 2011. Jenis dan kategori apa saja yang akan masuk di Indonesia? Samsung masih belum bisa memastikan dan akan disesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Namun diperkirakan sejumlah produk akan masuk ke pasar Indonesia pada Maret-April untuk beberapa seri kamera digital. Sedangkan produk lainnya, diperkirakan akan hadir pada kuartal kedua. Soal harga produk, Samsung juga belum merilis kisaran harga karena pasar dari setiap negara di kawasan Asia Tenggara, Oceania dan Taiwan berbeda.

Sumber : Kompas.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s